Selasa, 06 Juli 2010

Tidak Pernah Terlambat

Berapa usia kita sekarang ? Masih berapa tahunkan kita harus berproduksi ? Bila sekarang saja semangat kita sudah kempis, bagaimana kita akan giat berkarya pada tahun-tahun mendatang?
Bayangkan profesional seperti Martha Tilaar, yang berusia 70 tahun, tetapi semangatnya serasa 30 tahun. Apalagi jika mengingat Bunda Teresa yang sampai usia 80 an masih terus melakukan pelayanan kemanusiaan…

So, bagaimana untuk bisa membangkitkan semangat kita lagi???

Hati-hati dengan "menerima apa adanya"
Sikap 'menerima apa adanya' bisa mematikan spirit sehingga perlu diwaspadai dan diperangi, namun bukan berarti kita harus menjadi orang yang terlalu menuntut lebih dari yang kita bisa. Hanya perlu mengingat bahwa kita selalu bisa melakukan yang lebih baik dengan tidak pasrah dan diam terhadap keadaan yang belum maksimal.

Pandanglah ke depan
Bukan saja enterpreneur seperti Henry Ford (Ford Motor Comp), Bill Gates (Microsoft Corp), Larry Page dan Sergey Brin (Google) yang mempunyai kemampuan untuk memandang ke depan, KITA PUN BISA ! kita sebagai individu, kelompok atau bahkan perusahaan sebenarnya tidak akan pernah kekurangan kesempatan untuk meningkatkan produktivitas. Kita bisa menumbuhkan mood untuk maju, mentransfer dan merealisasikan ide dan optimis untuk lebih sukses.

Bertanyalah "bagaimana caranya ?"
Bisnis dan situasi negara kita sekarang membutuhkan produk baru, cara dan metode produksi, pasar baru, kecepatan, transfer kekuatan, dan informasi. Bagaimana mungkin kita tinggal diam dan menunggu ? Kita bisa mengaktifkan otak dan selalu mencari cara baru. Seberapa pun sederhananya sebuah pekerjaan, pikirkan bagaimana untuk bisa improve.

Kembangkan mindset "memulai"
Bayangkan kalau kita selalu menjadi orang yang pertama maju kedepan untuk memberi ide, mengerjakan sesuatu, termasuk menyapa 'halo' di setiap kontak dengan orang lain. Kita pasti akan menebar semangat. Dan, untuk diri sendiri, kita akan menumbuhkan semangat ekstra sebagai pemulai dan penyerang, tidak sekadar responsif.

Cintai teknologi
Pemrosesan data, jaringan internet, telekomunikasi, tidak pernah bisa kita hindari. Teknologi berkembang sedemikan pesat sehingga kita seakan-akan kalah cepat. Belum lama diluncurkan teknologi GPRS, CDMA, 3G, muncul lagi iPod, iPhone dll. Begitu juga dengan maraknya jejaring sosial yg bisa membawa kita dengan mudah berhubungan dengan siapa saja di penjuru dunia. Bila kita sedikit berusaha untuk menyukai dan memperdalam teknologi, kita pun terbantu untuk berkembang bersamanya.

Ayo bersemangat untuk tidak pernah berhenti belajar dan bergerak majU!!

Sumber: KCM - Oktober 2006

0 komentar:

Posting Komentar